Gejala Penyakit Kanker Tenggorokan dan Penyebabnya

Monday, May 27th, 2013 - Kesehatan

Gejala Penyakit Kanker Tenggorokan dan Penyebabnya – Mari kita sejenak mengenal penyakit kanker tenggorokan. Kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup beringas yang dapat membawa dampak buruk hingga akan berujung kematian. Begitu juga dengan kanker tenggorokan. Sebab salah satu penyakit ganas ini apabila sudah menyerang tenggorokan maka hal ini juga akan menyebabkan gejala yang sama bahayanya dengan penyakit kanker yang menyerang di beberapa organ tubuh lainnya.

Meskipun kanker tenggorokan ini tidak menyerang organ vital ataupun beberapa organ yang paling penting lainnya seperti jantung, paru dan hati akan tetapi dampak inipun juga akan menyebabkan bahaya yang sangat besar bagi tubuh.

Apapun tempat dan jenisnya, yang namanya penyakit kanker sudah pasti akan mengganggu dan bisa menyebabkan manusia itu akan kehilangan bagian penting organ tubuhnya. Bahkan penyakit kanker tenggorokan inipun sedianya akan mulai mengedor di beberapa bagian penting lainnya yang memiliki hubungan erat dengan saluran tenggorokan, seperti halnya mulut, organ saluran pernafasan dan lain sebagainya. Sehingga sudah pasti munculnya kanker tenggorokan ini, nantinya akan sangat berpengaruh pada sistem pernafasan manusia.

Adapun bagian tenggorokan yang sering diserang di antara adalah laring dan tonsil. Laring ini merupakan sebuah kotak suara yang berfungsi untuk mengatur suara manusia. Bahkan laring dan tonsil inipun juga merupakan unsur penting yang dimiliki oleh manusia. Tak hanya itu, kanker jenis ini, juga akan mulai menyerang di bagian tulang rawan atau epiglottis. Epiglottis atau tulang rawan ini, berguna untuk membuka dan menutup tenggorokan dikala mengkonsumsi sebuah makanan. Sehingga nantinya gejala kanker inipun juga akan mengganggu terhadap organ pernafasan.

Biasanya gejala awal yang cukup mudah dikenali yakni disertai dengan adanya batuk. Selain batuk, suara juga dapat dikatakan sebagai salah satu ciri dari gejala kanker tenggorokan yang nantinya akan berimbas pada pita suara manusia. Sedangkan untuk gejala kanker tenggorokan yang menyerang tulang rawan, biasanya akan ditandai dengan rasa nyeri dan akan terasa sakit disaat sedang mengkonsumsi makanan. Tak hanya itu, gejala kanker tenggorokan lainnya juga mulai akan menyerang dibagian telinga, sebab telinga dan mulut merupakan salah satu organ manusia yang memiliki saluran cukup dekat dan saling berhubungan.

Faktor lainnya yang juga dapat menyebabkan terjadinya kanker tenggorokan yakni disebabkan oleh banyaknya mengkonsumsi minuman beralkohol dan perokok berat. Sebab kedua hal ini merupakan suatu kejadian yang paling rentan menyerang dan akan berdampak sangat buruk terhadap kesehatan. Faktor pendukung lainnya timbulnya penyakit kanker yang satu ini yakni adanya kebiasaan menghirup aroma wangi yang keras. Seperti halnya kebiasaan menghirup aroma bensin, serta beberapa aroma jenis lainnya.

Oleh karena itu, mulailah mencoba melindungi diri dari salah satu penyakit ganas yang satu ini. Sebab jika sudah mengenali dan mengetahui, maka tenggorokan kita akan terhindar dari penyakit kanker yang sangat berbahaya ini.

Itulah artikel kesehatan yang dapat ANAMBlog sajikan untuk Anda, khususnya mengenai gejala dan penyebab kanker tenggorokan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Gejala Penyakit Kanker Tenggorokan dan Penyebabnya | Berita Terbaru | 4.5