Makanan yang Mempengaruhi Suasana Hati

Wednesday, May 15th, 2013 - Kesehatan

Makanan yang Mempengaruhi Suasana Hati – Suasana hati.. Hmm.., bagi beberapa orang, suasana hati sangat mempengaruhi aktvitas yang sedang dilakukan. Bekerja lebih semnagta saat suasana hati sedang gembira. Namun, begitu bad mood tida-tiba datang, semua aktivitas terlihat hambar. Padahal deadline kerja sedang mengejar, tentu saja hal tersebut tidak diinginkan.

Hal yang dapat dilakukan adalah mencegah terjadinya bad mood? Begitu pula apa yang harus dilakukan untuk menumpak bad mood? Hmmm. Makan! Benar! Namun, makanlah dengan makanan yang benar. Selain fungsi utama makan adalah untuk mendapatkan energi, banyak manfaat lain yang didapatkan dengan makan. Begitu pula dengan suasana hati, makanan dapat pula mengubah mood seseorang lhoo.

Tingatkan Mood dengan makan :

A. BAYAM
Ternyata makanan kesukaan popeye ini mengandung banyak manfaat:
– Bayam mengandung vitamin B6 dan folat yang memiliki fungsi untuk mendukung kemampuan otak dalam menghasilkan neurotransmitter yang meningkatkan mood.
– Bayam mengandung zat besi yang dapat meningkatkan konstrentrasi dan tentunya energi. Selain itu, zat besi dapat mengurangi kelelahan

B. TELUR
– Telur mengandung zinc yang dapat mengatur metabolism dan gula darah

C. KENTANG
– Kentang mengandung folat dengan kadar yang tinggi sehingga membuat gula darah tetap stabil

D. ASAM LEMAK OMEGA TIGA
– Asam lemak omega tiga dapat membantu melindungi diri dari depresi. Sumber makanan yang mengandung omega tiga, antara lain: kenari, biji rami dan tentunya ikan

E. YOGHURT
Hmmm, siap yang tidak suka yoghurt? Jangan deh.
– Yoghurt mengandung protein dan kalsium yang berfungsi untuk mengurangi perubahan suasana hati, kecemasan dan depresi.

F. KACANG-KACANGAN
Jangan terlalu membenci kacang-kacangan deh. Coba lihat fungsinya:
– Kacang dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati karena mengandung mineral selenium!

Jangan rusak suasana hati dengan makan:
– Karbohidrat sederhana
Karbohidrat sederhana justru dapat mengakibatkan perubahan suasana hati. Memang sih, dapat memperbaiki suasana hati. Namun itu terjadi hanya berlaku sementara saja.
– Makanan manis

Apa salahnya dengan makanan yang mengandung gula tinggi ini? Bukankah saat sedih dengan makan makanan yang manis dapat membuat sedih berkurang?

Eits. Makanan yang manis justru dapat membuat gula darah tidak stabil. Dengan tidak stabilnya gula darah dapat merusak suasana hati. Hal lain yang perlu diketahui adalah dengan makan makanan manis dapat membuat motivasi untuk melakukan olahraga hilang karena dapat menumpuk kalori dan lemak. Duh, akibatnya bisa membuat semakin bad mood

Oleh karena itu, saat stress datang jangan makan sembarang makanan. Nanti justru tambah bad mood? Ah, lagian siapa sih yang kepengen bad mood.

Nah.., itulah beberapa jenis makanan yang dapat mempengaruhi dan memperbaiki suasana hati.

Baca juga:
Makanan yang Mempengaruhi Suasana Hati | Berita Terbaru | 4.5